Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi
terhadap kepuasan pelanggan dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas
pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa pada PT. Hijrah Tour
Travel. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa PT. Hijrah Tour Travel pada Tahun 2017,
sedangkan sampel yang memenuhi kriteria penarikan sampel pengamatan yang dilakukan
berjumlah 36 orang dengan menggunakan Sampel Jenuh. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis (Uji T dan Uji F) dan
Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software
SPSS versi 24.00. Secara parsial diketahui bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Hijrah Tour Travel. Secara parsial juga
diketahui bahwa promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan
pada PT. Hijrah Tour Travel. Secara simultan diketahui bahwa kualitas pelayanan dan promosi
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Hijrah Tour
Travel