Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas produk dan
merekterhadap keputusan pembelianmembeli produk mobil Datsun pada PT
Wahana Trans Lestari Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang memakai mobil
Datsun PT Wahana Trans Lestari Medan. Mengingat populasi tidak diketahui
dengan pasti jumlahnya maka peneliti menetapkan besar sampel yang akan
diambil yaitu sebanyak 50 konsumen.
Berdasarkan hasil pengujian secara parsial pengaruh antara kualitas
produk terhadap keputusan pembelian diperoleh thitung
(2,697
) > ttabel
(1,677
),
dengan taraf signifikan 0,009 < 0,05. Nilai 2,697 lebih besar dari 1,677
menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa Ha diterima
(Ho ditolak). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang
signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan
hasil pengujian secara parsial pengaruh antara merek terhadap keputusan
pembelian diperoleh thitung
(2,111
) > ttabel
(1,677
), dengan taraf signifikan 0,038 <
0,05. Nilai 2,111 lebih besar dari 1,677 menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 diterima
(Ho ditolak). Hal ini
menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara merek terhadap
keputusan pembelian. Berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui bahwa nilai
Fhitung adalah 74,068 dengan tingkat signifikan 0,000, sedangkan Ftabel 3,195
dengan signifikan 0,05. Dengan demikian Fhitung > Ftabel yakni 74,068 > 3,195,
Nilai 74,068 lebih besar dari 3,195 menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel,
artinya Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan
antara kualitas produk dan merek terhadap keputusan pembelian.