Abstract:
Tujuan penelitian ini di buat adalah untuk mengetahui Efektivitas belajar
dengan metode Role Play, Di bantu dengan Media Film untuk mengetahui peran Aktif
belajar Siswa. Sehingga menyebabkan Siswa menjadi aktif dan mengetahui serta
minat dari Hasil belajar Siswa.
Dalam penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kuantitatif, dalam
pendekatan eksperimen lapangan. Dengan Metode eksperimen di tinjau dari objek
nyata. Tekhnik pengumpulan data menggunakan Tes tulis, Observasi, wawancara dan
dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji
normalitas, uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol uji hipotesis,
independent sampels test, Descriptive statistic. Jenis data yang di gunakan adalah
data primer merupakan data yang di dapat secara langsung dari sumber data
pertama, unit analisis nya adalah Guru mata pelajaran Fiqih dan Siswa kelas X1 dan
X2 Madrasah Aliyah Tebing – tinggi. Dan sumber dan sekunder yang berasal dari
dokument lama atau Tata usaha MA- Al Washliyah Tebing – Tinggi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan
penerapan Metode kuantitatif eksperimen di lokal sekolah sudah tergolong baik.
Terbukti dengan adanya Guru melakukan persiapan dengan mencocokkan materi dan
menyusun RPP serta ukuran target akhir yaitu KKM hasil belajar. Namun Pada tahap
pelaksanaan langkah-langkah Metode Role Play belum sempurna tanpa dibarengin
media Film. Jadi faktor pendukungnya adalah praktek dan media Film, untuk
menghadapi peserta didik.