Research Repository

PENGARUH MODEL OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI M.Ts AL-WASHLIYAH DAMAR CONDONG DESA SERANG JAYA HILIR

Show simple item record

dc.contributor.author Singkite, Aina
dc.date.accessioned 2020-10-23T04:45:45Z
dc.date.available 2020-10-23T04:45:45Z
dc.date.issued 2019-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5815
dc.description.abstract Skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran Outdoor Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab. Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran Outdoor Learning. Model pembelajaran ini dilaksanakan di luar ruangan kelas agar siswa mendapat suasana belajar yang baru dan tidak menjenuhkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui model pembelajaran yang diberikan oleh guru Bahasa Arab, (2) untuk mengetahu hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab setelah dan sebelum menggunakan model pembelajaran Outdoor Learning, (3) untuk mengetahui model pembelajaran Outdoor Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di M.Ts Al-Washliyah Damar Condong Desa Serang Jaya Hilir tahun pembelajaran 2018/2019 sebanyak 50 orang yang terdiri dari 2 kelas. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest yang berfungsi untuk mengetahui nilai hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan Outdoor Learning. Hasil penelitian ini adalah diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 78,4 dan kelas control sebesar 72. Dari nilai rata-rata yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas control. Pengujian hipotesis diperoleh thitung yaitu 11,502 dan ttabel yaitu 1,937 dimana thitung > t tabel (11,502 > 1,937), ini berarti Ho ditolak dan Ha diterimadengan taraf signifikan ɑ=0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Outdoor Learning terhadap hasil belajar siswa M.Ts Al-Washliyah Damar Condong Desa Serang Jaya Hilir Tahun Pelajaran 2018/2019. en_US
dc.subject Outdoor Learning en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI M.Ts AL-WASHLIYAH DAMAR CONDONG DESA SERANG JAYA HILIR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account