Abstract:
Skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran Outdoor
Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab. Dalam
penelitian ini menggunakan model pembelajaran Outdoor Learning. Model
pembelajaran ini dilaksanakan di luar ruangan kelas agar siswa mendapat
suasana belajar yang baru dan tidak menjenuhkan. Adapun tujuan dari penelitian
ini adalah (1) untuk mengetahui model pembelajaran yang diberikan oleh guru
Bahasa Arab, (2) untuk mengetahu hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Bahasa Arab setelah dan sebelum menggunakan model pembelajaran Outdoor
Learning, (3) untuk mengetahui model pembelajaran Outdoor Learning dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dan menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan
menggunakan jenis penelitian eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas VIII di M.Ts Al-Washliyah Damar Condong Desa
Serang Jaya Hilir tahun pembelajaran 2018/2019 sebanyak 50 orang yang terdiri
dari 2 kelas. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan pretest dan
posttest yang berfungsi untuk mengetahui nilai hasil belajar sebelum dan sesudah
menggunakan Outdoor Learning.
Hasil penelitian ini adalah diperoleh nilai rata-rata posttest kelas
eksperimen adalah 78,4 dan kelas control sebesar 72. Dari nilai rata-rata yang
diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi
dibandingkan kelas control. Pengujian hipotesis diperoleh thitung yaitu 11,502 dan
ttabel yaitu 1,937 dimana thitung > t tabel (11,502 > 1,937), ini berarti Ho ditolak dan
Ha diterimadengan taraf signifikan ɑ=0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh model pembelajaran Outdoor Learning terhadap hasil belajar
siswa M.Ts Al-Washliyah Damar Condong Desa Serang Jaya Hilir Tahun
Pelajaran 2018/2019.