Abstract:
Adapun tujuan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode talqin terhadap kualitas tahfiz Alquran siswa di Madrasah Tsanawiyah Insan Cita Medan. Adapun pengertian dari metode talqin itu sendiri adalah suatu cara dimana seorang mentalqinkan bacaan atau mendiktekan bacaan ayat Alquran kepada yang ditalqin kemudian yang ditalqin mengikuti mengulang kembali bacaan ayat yang telah ditalqinkan dengan menggunakan pengulangan tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tahsin Alquran sebanyak 184 siswa dan sampel yang diambil sebesar 23 siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, unjuk kerja, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana yaitu terdapat tiga langkah yaitu : uji normalitas, uji regresi linear dan uji t. Sebelum melakukan analisis regresi linear sederhana terlebih dahulu data diuji validitas dan reabilitasnya. Penelitian ini memproleh kesimpulan bahwa nilai 𝑡โ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔sebesar 5,577 > (lebih besar) dari nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙2,080, sehingga dapatdisimpulakan bahwa variabel (X) berpengaruh terhadap variabel (Y). Artinya Ho ditolak dan Ha diterima karena ada pengaruh metode talqin terhadap kualitas hafalan/tahfiz Alquran siswa di Madrasah Tsanawiyah Insan Cita Medan.