Abstract:
Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1)
Jenis penelitian adalah penelitian lapangan kualitatif; 2) Sumber data
nya ialah data sekunder dan data primer yang penelitian ini adalah siswa
dan guru Al-Quran SMP Muhammadiyah 0 4 Medan. 3) Pengumpulan
datanya menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara; 4)
teknik analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya 1) Implementasi metode
takrar yang dilaksanakan pada pembelajaran Al-Quran masih hanya
sekedar melakukan saja, tanpa adanya menindaklanjuti dikedepan
harinya. Akan tetapi jika dikaji dalam konteks hubungan kondisi siswa
dengan pola kelompok, maka implementasi metode takrar dengan dengan
bantuan media audio visual pada mata pelajaran Al-Quran di SMP
Muhammadiyah 0 4 Medan masih kurang berpengaruh kali bagi
pengetahuan siswa. Hal ini ditunjukkan dengan kontadiksi hasil evaluasi,
khususnya kelompok siswa dengan kemampuan rendah, antara evaluasi,
pada tiap pertemuan dengan evaluasi pada pertemuan di akhir. 2)
Dengan melihat dan memakai bantuan media audio visual, metode takrar
ini pada mata pelajaran Al-Quran cukup efektif dan mudah dipahami
siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 04 Medan, melihat juga hasil
akhir dari evaluasi pembelajaran, Hal ini dikarenakan dengan dua faktor
yakni: Pertama, faktor yang berhubugan siswa mampu melaksanakan
praktek pengulangan hafalan Al-Quran dengan baik dan benar. Kedua
adanya contoh video praktek membaca serta mengulang hafalan Al-Quran
yang ditampilkan penulis dengan menggunakan bantuan media audio
visual memakai proyektor. Pada satu sisi pembelajaran ini banyak
memakan waktu yang dipakai, tetapi ini sudah cukup efektif untuk
dilakukan. Namun pada mata pelajaran Al-Quran tentang murojaa’h ini
penulis menemukan cara mengajar yang efektif dan mudah dipahami
siswa menggunakan metode takrar dengan bantuan media audio visual.
Melihat hasil tersebut, maka perlu adanya pengembangan dalam
implementasi metode takrar dengan bantuan media audio visual pada
mata pelajaran Al-Quran di SMP Muhammadiyah 04 Medan.