Research Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DI MTs AL-WASLIYAH KM 6 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author Asmah
dc.date.accessioned 2020-10-23T04:35:31Z
dc.date.available 2020-10-23T04:35:31Z
dc.date.issued 2019-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5798
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa dan tanggapan siswa setelah menggunakan media animasi pada mata pelajaran fiqih materi sholat jenazah di kelas VII MTs. Al-Wasliyah KM 6 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi Sholat Jenazah dengan menggunakan media animasi di kelas VII MTs. Al-Wasliyah KM 6 Medan. Jenis metode penelitian ini adalah PTK, masuk kedalam kategori penelitian kualitatif. Populasi ini diambil dari seluruh siswa kelas VII sebanyak 35 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dengan instrumen pengumpulan data yaitu, observasi, tes essay dan praktik, dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian pada Hasil belajar pada saat pra siklus tingkat ketuntasan klasikal hanya 61,05% atau 8 orang dari 35 orang siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa kelas VII saat melakukan kegiatan dengan menggunakan media animasi mendapat hasil 74,08% dari 35 orang siswa dan siklus ke II mengalami perkembangan menjadi 81,54% dari 35 orang siswa. Hasil aktivitas siswa pada kegiatan siklus I mencapai 75 dan pada siklus II mencapai ketuntasan 87. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi Sholat Jenazah dikelas VII MTs. Al-Wasliyah KM 6 Medan. en_US
dc.subject Media Animasi en_US
dc.subject Hasil Belajar Siswa en_US
dc.title PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DI MTs AL-WASLIYAH KM 6 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account