Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa dan
tanggapan siswa setelah menggunakan media animasi pada mata pelajaran fiqih materi
sholat jenazah di kelas VII MTs. Al-Wasliyah KM 6 Medan. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi Sholat Jenazah
dengan menggunakan media animasi di kelas VII MTs. Al-Wasliyah KM 6 Medan. Jenis
metode penelitian ini adalah PTK, masuk kedalam kategori penelitian kualitatif. Populasi
ini diambil dari seluruh siswa kelas VII sebanyak 35 orang siswa. Penelitian ini
dilakukan dengan instrumen pengumpulan data yaitu, observasi, tes essay dan praktik,
dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I
dan siklus II. Hasil penelitian pada Hasil belajar pada saat pra siklus tingkat ketuntasan
klasikal hanya 61,05% atau 8 orang dari 35 orang siswa. Pada siklus I hasil belajar
siswa kelas VII saat melakukan kegiatan dengan menggunakan media animasi mendapat
hasil 74,08% dari 35 orang siswa dan siklus ke II mengalami perkembangan menjadi
81,54% dari 35 orang siswa. Hasil aktivitas siswa pada kegiatan siklus I mencapai 75
dan pada siklus II mencapai ketuntasan 87. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi
Sholat Jenazah dikelas VII MTs. Al-Wasliyah KM 6 Medan.