Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan model
pembelajaran circuit learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa
Arab di kelas VII MTs Swasta Al-Arafah, sedangkan yang menjadi tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran circuit learning terehadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab, Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif eksperimen, metode penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode
penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh ataupun perbedaan perlakuan tertentu
terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Populasi ini diambil dari seluruh
kelas VII sebanyak 30 orang dan sampel yang diambil sebesar 30 siswa. Penelitian ini
dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Tes,
Dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh model
pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTs Swasta Al-Arafah sangat
berpengaruh, ini dibuktikan dari hasil dari koefiesen korelasi product moment person
dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf signifikansi 5% dan 1% diperoleh nilai
bahwa rxy 0,826 lebih besar dari pada nilai rtabel baik itu taraf signiikansi 5% (0,361) dan
1% (0,463) dengan formulasi bandinan yaitu 0,826 ≥ 0,361 dan 0,463. Maka dapat
disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif antara Pengaruh Penggunaan Model
Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Bahasa Arab di MTs. Swasta Al-Arafah.