Abstract:
Layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang diberikan pada suatu
kelompok dengan memanfaatkan dinamika kelompok dimana didalamnya terdapat
pemimpin kelompok dan anggota kelompok yang bertujuan untuk membantu
individu mencapai perkembangannya secara optimal serta untuk menyelesaikan
permasalahan-permasalahan yang dihadapi dan untuk mengembangkan
pengetahuan siswa. Sukses akademik maksudnya adalah siswa yang memiliki
nilai-nilai yang bagus yang tertera dirapot, baik itu nilai ulangan hariannya
ataupun nilai ujian nasionalnya. Dan siswa juga mampu meraih titel kesarjanaan.
Layanan bimbingan kelompok sangat membantu dalam meningkatkan sukses
akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Untuk
mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMA PAB 4
Sampali Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018, 2). Untuk mengetahui
bagaimana sukses akademik siswa kelas X SMA PAB 4 Sampali Medan Tahun
Pembelajaran 2017/2018, 3). Untuk mengetahui bagaimana upaya untuk
meningkatkan sukses akademik melalui layanan bimbingan kelompok siswa kelas
X SMA PAB 4 Sampali Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian
berlokasi di SMA PAB 4 Sampali Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Subjek
penelitian ini adalah wali kelas dan guru bimbingan konseing kelas X. Objek
dalam penelitian kualitatif ini adalah khusus siswa yang bermasalah dalam bidang
akademiknya di sekolah SMA PAB 4 Sampali Medan. Penerapan layanan
bimbingan kelompok untuk meningkatkan sukses akademik siswa kelas X SMA
PAB 4 Sampali Medan ternyata berhassil dan cukup efektif siswa dapat
meningkatkan sukses dibidang akademiknya. Dari hasil penelitian yang telah
dilakukan bahwa terjadi peningkatan sukses akademik siswa sebesar 75%.