Research Repository

IMPLEMENTASI MODEL EXPLICIT INTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author Septia, Dwi Era
dc.date.accessioned 2020-10-23T04:25:53Z
dc.date.available 2020-10-23T04:25:53Z
dc.date.issued 2019-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5784
dc.description.abstract Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan, menunjukkan adanya kendalanya yang salah satunya adalah rendahnya hasil belajar siswa, Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui model Explicit Intruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih materi Salat Wajib kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan yang berjumlah 28 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes tertulis. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkah-langkah : a). Menyusun rencana kegiatan. b). Pelaksanaan tindakan. c). Observasi. d). Refleksi. Akhir refleksi pada siklus kedua menunjukkan bahwa tujuan penelitian telah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus kedua. Penelitian menunjukkan bahwa model Explicit Intruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari prasiklus yang menyatakan bahwa pada test awal nilai yang diperoleh siswa masih rendah dengan nilai rata-rata 66,7 dan tingkat keberhasilan siswa terdapat 9 orang siswa ketercapaian test awal nilai hasil belajar siswa mencapai 32%, setelah diadakan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 67,7 dan tingkat keberhasilan siswa terdapat 11 orang siswa dari 28 siswa ketercapaian test awal nilai hasil belajar siswa mencapai 39%. Berarti secara klasikal belum mencapai keberhasilan dalam belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 84,28, keberhasilan dalam belajar siswa terdapat 26 orang siswa yang tuntas, berarti tingkat ketercapaian hasil belajar siswa mencapai 92% secara keseluruhan sudah mencapai keberhasilan belajar. Penelitian ini bermanfaat untuk guru sebagai masukan agar dapat memperbaiki proses belajar mengajar sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. en_US
dc.subject Salat Wajib en_US
dc.subject Model Explicit Intruction en_US
dc.title IMPLEMENTASI MODEL EXPLICIT INTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account