Abstract:
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan,
menunjukkan adanya kendalanya yang salah satunya adalah rendahnya hasil
belajar siswa, Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui model Explicit Intruction
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih materi Salat
Wajib kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah Seluruh siswa
kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan yang berjumlah 28 orang siswa.
Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes tertulis. Analisis
data menggunakan teknik analisis kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua
siklus dengan langkah-langkah : a). Menyusun rencana kegiatan. b). Pelaksanaan
tindakan. c). Observasi. d). Refleksi. Akhir refleksi pada siklus kedua
menunjukkan bahwa tujuan penelitian telah tercapai sehingga penelitian
dihentikan pada siklus kedua. Penelitian menunjukkan bahwa model Explicit
Intruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah
57 Medan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari prasiklus yang
menyatakan bahwa pada test awal nilai yang diperoleh siswa masih rendah
dengan nilai rata-rata 66,7 dan tingkat keberhasilan siswa terdapat 9 orang
siswa ketercapaian test awal nilai hasil belajar siswa mencapai 32%, setelah
diadakan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 67,7
dan tingkat keberhasilan siswa terdapat 11 orang siswa dari 28 siswa
ketercapaian test awal nilai hasil belajar siswa mencapai 39%. Berarti secara
klasikal belum mencapai keberhasilan dalam belajar. Pada siklus II diperoleh
nilai rata-rata kelas mencapai 84,28, keberhasilan dalam belajar siswa terdapat
26 orang siswa yang tuntas, berarti tingkat ketercapaian hasil belajar siswa
mencapai 92% secara keseluruhan sudah mencapai keberhasilan belajar.
Penelitian ini bermanfaat untuk guru sebagai masukan agar dapat memperbaiki
proses belajar mengajar sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.