Abstract:
Tujuan penelitian dalam skripsi ini untuk mengetahui konsep pendidikan Islam dalam perspektif Haidar Putra Daulay. Untuk merealisasikan konsep pendidikanIslam, diperlukan perencanaan pendidikan yang meliputi: pertama, kelembagaan, kedua kurikulum, ketiga manajemen, keempat pendidik, kelima peserta didik, keenam alat. Fakta menunjukkan bahwa saat ini pendidikan Islam sekarang telah kehilangan hakikat dan identitasnya terhadap tujuan hidup manusia karena konsep yang dipakai belum mencerminkan nilai Islam terhadap moral anak bangsa. Hal ini mengangkat gagasan Haidar Putra Daulay yang merupakan tokoh yang memilih gagasan gemilang diduia akademis.Peneltian inimerupakan penelitian kualitatif dan ini termasuk dalam kategori penelitian Studi Tokoh, yaitu penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan karya-karyta Haidar Puta Daulay yang dijadikan sebagai data, kemudian diminta penguatan terhadap tokoh melalui wawancara yang ada hubungannya dengan objek peneltian ini.Konsep pendidikan Islam menurut Haidar Putra Daulay pada dasarnya terletak pada tubuh pendidikan Islam itu sendiri. Focus utamanya terletak pada tumbuhnya kepintaran peserta didik, peserta didik diharapkan memperbaiki diri terus-menerus, dengan menanamkan dan mengamalkan akhlak mulia di dalam dirinya. Sebagai pendidik memiliki tanggung jawab menyampaikan ilmunya kepada peserta didik dengan ikhlas, menanamkan nilai-nilai kebaikan, dan melatih keterampilan hidup peserta didik.