Abstract:
Penelitian ini di buat karena penerapan metode yang tidak sempurna dalam
pelaksanaannya, terdapat langkah penerapan yang tidak sesuai dengan langkah
penerapan metode Word Squere pada umumnya, sehingga menyebabkan siswa kurang
aktif dan berimbas pada rendahnya hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah Kualitatif, dengan pendekatan deskritif. Penelitian
kualitatif memperhatikan proses, pristiwa yang sedang berlangsung. Rumusan
masalahnya adalah, bagaimana perencanaan, penerapan dan faktor pendukung serta
penghambat penerapan metode Word Squere. Jenis data yang digunakan adalah data
primer merupakan data yang didapat secara langsung dari sember data pertama, unit
analisisnya adalah Guru mata pelajaran Fiqih dan siswa kelas VIII MTs Teladan Medan.
Dan sumber data sekunder yang berasal dari dokumen lama atau Tata Usaha MTs
Teladan Medan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan
penerapan Metode Word Squere sudah tergolong baik, terbukti dengan adanya guru
melakukan persiapan dengan mencocokkan materi dan menyusun RPP serta ukuran
target akhir yaitu KKM hasil belajar. Namun pada tahap pelaksanaan langkah-langkah
metode Word Squere tergolong belum sempurna, masih ada langkah yang tidak sesuai
dengan langkah penerapan metode Word Squere pada umumnya, dan faktor pendukung
penerapan metode Word Squere yaitu adanya buku pegangan pada masing-masing siswa
serta faktor penghambat kurangnya media dan kesulitan guru dalam menghadapi
perbedaan individu peserta didik.