Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah hasil belajar
FIQIH siswa kelas VII-1Mts Muhammadiyah 15 Medan setelah menggunakan
metode Silent demontration. Dan apakah metode pembelajaran Silent
Demonstration pada pelajaran FIQIH siswa kelas VII-1 MTs Muhammadiyah 15
Medan efektif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah
menggunakan metode Silent Demonstration dan untuk mengetahui efektifitas
penggunanaan metode Silent Demontration terhadap hasil belajar FIQIH pada
siswa. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen dengan menggunakan kelas
eksperiemen dan kelas kontrol. Populasi seluruhnya 71 siswa dengan 3
kelas.hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan
terhadap efektifitas penggunaan metode Silent Demontsration terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Muhammadiyah 15 Medan T.A
2018/2019. penelitian ini dengan nilai “r” product moment pada taraf signifikan
5% dan 1% diperoleh bahwa rxy = 0,431 lebih besar dari rtabel baik taraf
signifikasi 5% dan 1% (0,404 dan 0,515), dengan formulasi perbandingan yaitu
(0,431 ≥ 0,404 dan 0,515). Hal ini dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen
dan kelas kontrol selama pembelajaran dari pertemuan yang pertama dan
pertemuan kedua. Siswa kelas eksperimen selama pembelajaran langsung mulai
pertemuan pertama sampai pertemuan kedua berada pada kriteria, sedangkan
siswa di kelas kontrol selama pembelajaran berlangsung mulai dari pertemuan
pertama sampai pertemuan kedua berada pada kriteria rendah.Selama kegiatan
belajar berlangsung, terlihat minat, perhatian dan partisipasi siswa yang
mengalami peningkatan secara signifikan.Dengan menggunakan metode Silent
Demontsration ternyata dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dalam belajar
shalat fardhu dan menjadikan pelajaran fiqih lebih menarik dan tidak monoton.