Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas belajar siswa
sebelum dan sesudah menggunakan media scrapbook dan apakah media
scrapbook efektif penggunaanya terhadap aktivitas belajar siswa pada mata
pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Swasta 01 Medan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa sebelum dan
sesudah menggunakan media scrapbook serta keefektifan media scrapbook
terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah
Aliyah Muhammadiyah Swasta 01 Medan. Jenis penelitian pada penelitian ini
adalah eksperimen dengan desain one-shot case study dan sampelnya seluruh
siswa kelas X-IPA berjumlah 26 orang. Teknik analisis data menggunakan rumus
signifikasi pre-test dan post-test, korelasi product moment dan uji paired sample t
test. Adapun hasil peneitiannya 1; ada perubahan dan peningkatan aktivitas belajar
siswa terlihat dari nilai rata-rata pre-test yaitu, 21,8846. Sedangkan rata-rata post test
yaitu, 42,4231. Rata-rata post-test berdasarkan uji paired samples correlations
menunjukkan bahwa korelasi antara dua variabel adalah sebesar
0,794.2;Merujuk pada hasil pengujian hipotesis penelitian tentang efektivitas
antara Penggunaan Media Scrapbook (X) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa (Y)
di peroleh ttabel sebesar 1,705, dan perolehan nilai thitung sebesar 6,391 dengan
bahwa thitung > ttabel dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini
menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara Media Scrapbook terhadap
Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah
Aliyah Swasta Muhammadiyah 01 Medan.