Abstract:
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dan bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan proses
pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis yaitu dengan memaparkan secara
kualitatif analisis yang dilakukan terhadap data-data penelitian. Teknik pengumpulan data yang
digunakan berupa teknik observasi, wawancara (interview) serta dokumentasi. Tahapan analisis
data dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data serta verifikasi data.
Hasil penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam tahap perencanaan sudah tergolong baik,
terbukti dengan adanya guru melakukan persiapan dengan mencocokkan materi dan menyusun
RPP serta ukuran akhir target yaitu KKM hasil belajar. Namun pada tahap pelaksanaan kurang
sempurna dikarenakan media dan sarana di sekolah tersebut kurang memadai.