Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode
guided teaching pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII
SMP Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Pelajaran 2018/2019?. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan guided teaching pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal
Tahun Pelajaran 2018/2019. Peneliti melakukan tes kemampuan siswa dalam
mempelajari thaharah. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa 37 siswa yang
telah mencapai KKM. Sedangkan hanya 4 siswa yang belum mencapai nilai KKM
dan hal ini sangat baik seperti yang diharapkan oleh peneliti. Hasil penelitian ini
bahwa Penerapan Metode Guided Teaching dapat meningkatkan hasil belajar
Pendidikan Agama Islam pada pokok bahasan taharah. Penerapan Metode
Guided Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari tes awal hanya 11
orang yang tuntas siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 26,83%
menjadi 30 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 73,17%, dari
Siklus I yang terjadi, sehingga pada Siklus II meningkat sebanyak 37 orang siswa
dengan persentase ketuntasan 90,24%.