Abstract:
Analisis adalah penyelidikan suatu kejadian secara keseluruhan dengan
data yang mendukung proses penelitian. Penelitian bertujuan untuk
menganalisis kemampuan kosakata anak berkebutuhan khusus terutama pada
siswa tunagrahita berdasarkan 2 kelas kata yaitu kata kerja dan kata benda.
Pembelajaran Bahasa Indonesia, metode, evaluasi, media dan kendala
pelaksanaan pembelajaran pendidikan. Hal ini menjadi penting karena melihat
persoalan-persolan yang dihadapi oleh salah seorang tetangga yang mempunyai
anak berkebutuhan khusus yaitu tunagrahita. Dalam mengikuti proses
pembelajaran anak tunagrahita mengalami kesulitan yang memiliki inteligensi
atau kemampuan di bawah rata-rata, sehingga dalam proses pembelajaran anak
tunagrahita memerlukan pembelajaran secara khusus. Terutama mengenai
penyampaian dalam pembelajaran terhadap anak tunagrahita yang berbeda pada
anak normal.Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini
dilaksanakan di SLB-E Pembina Medan, yang dilaksanakan pada bulan Maret
2019 sampai dengan bulan Agustus 2019. Subyek penelitian adalah siswa
tunagrahita kelas VII-C. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan teknik
analisis statistic Deskriptif yaitu penyajian data dalam bentuk tabel,analisis
data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa
kosakata berdasarkan kelas kata bahasa Indonesia pada SLB-E Negeri Pembina
Medan untuk kelas VII Siswa Tunagrahita ialah 46,15% siswa yang dapat
berinteraksi secara normal dari 13 siswa yang diuji untuk klasifikasi kelas kata
verba, dan 23,1% siswa yang dapat berinteraksi secara normal untuk klasifikasi
kelas kata nomina.