Research Repository

ANALISIS KEMAMPUAN KOSAKATA SISWA TUNAGRAHITA BERDASARKAN KELAS KATA BAHASA INDONESIA PADA KELAS VII SLB-E NEGERI PEMBINA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019-2020

Show simple item record

dc.contributor.author PUTRI, IZKY TRISYA
dc.date.accessioned 2020-10-23T03:55:50Z
dc.date.available 2020-10-23T03:55:50Z
dc.date.issued 2019-10-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5744
dc.description.abstract Analisis adalah penyelidikan suatu kejadian secara keseluruhan dengan data yang mendukung proses penelitian. Penelitian bertujuan untuk menganalisis kemampuan kosakata anak berkebutuhan khusus terutama pada siswa tunagrahita berdasarkan 2 kelas kata yaitu kata kerja dan kata benda. Pembelajaran Bahasa Indonesia, metode, evaluasi, media dan kendala pelaksanaan pembelajaran pendidikan. Hal ini menjadi penting karena melihat persoalan-persolan yang dihadapi oleh salah seorang tetangga yang mempunyai anak berkebutuhan khusus yaitu tunagrahita. Dalam mengikuti proses pembelajaran anak tunagrahita mengalami kesulitan yang memiliki inteligensi atau kemampuan di bawah rata-rata, sehingga dalam proses pembelajaran anak tunagrahita memerlukan pembelajaran secara khusus. Terutama mengenai penyampaian dalam pembelajaran terhadap anak tunagrahita yang berbeda pada anak normal.Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SLB-E Pembina Medan, yang dilaksanakan pada bulan Maret 2019 sampai dengan bulan Agustus 2019. Subyek penelitian adalah siswa tunagrahita kelas VII-C. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan teknik analisis statistic Deskriptif yaitu penyajian data dalam bentuk tabel,analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa kosakata berdasarkan kelas kata bahasa Indonesia pada SLB-E Negeri Pembina Medan untuk kelas VII Siswa Tunagrahita ialah 46,15% siswa yang dapat berinteraksi secara normal dari 13 siswa yang diuji untuk klasifikasi kelas kata verba, dan 23,1% siswa yang dapat berinteraksi secara normal untuk klasifikasi kelas kata nomina. en_US
dc.subject Analisis kosakata en_US
dc.subject Kelas Kata Bahasa Indonesia en_US
dc.subject Anak Tunagrahita en_US
dc.title ANALISIS KEMAMPUAN KOSAKATA SISWA TUNAGRAHITA BERDASARKAN KELAS KATA BAHASA INDONESIA PADA KELAS VII SLB-E NEGERI PEMBINA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019-2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account