Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
Semester 6 Program Studi Pendidikan Akuntansi di FKIP UMSU Medan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Jerold
E.Kemp terhadap hasil belajar Manajemen Keuangan Pada Program Studi
Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU Tahun Akademik 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di FKIP UMSU Prodi Pendidikan Akuntansi
Medan Tahun Akademik 2019/2020 dengan populasi yang digunakan seluruh
semester 6 A Pagi yang terdiri satu kelas dengan jumlah 25 mahasiswa. Dimana
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan satu kelas. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability Sampling
dengan jenis kelas yang terdiri dari satu kelas atau total sampling. Instrument
penelitian yang digunakan adalah tes yang terlebih dahulu diuji validitas angket
dan realibilitasnya.
Dari analisis data Pre – test dan Post – Test diperoleh Mean Pre - Test
58,36 dan standart deviasi 25,97. Sedangkan untuk data Post - Test diperoleh
mean 82 dan standart deviasi 10. Penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk
mengetahui normalitas data hasil belajar dan uji F untuk mengetahui homogenitas
data. Pengujian hasil perhitungan uji hipotesis diatas Selanjutnya
hasil ini dibandingkan dengan taraf signifikan dengan
diperoleh apabila maka diterima,
sebaliknya apabila maka ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan
Model Pembelajaran Jerold E.Kemp terhadap hasil belajar Manajemen Keuangan
Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU Tahun Akademik
2019/2020.