Abstract:
Tujuanpenelitianiniadalahuntuk mengetahui media pembelajaran ular tangga dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dalam menigkatkan minat belajar.Penelitian ini berlokasi di Perpustakaan.Penelitian Sumber primer adalah suatu referensi yang dijadikan sumber utama acuan penelitian.Dalam penelitian ini, sumber primer yang digunakan adalah jurnal-jurnal yang berhubungan dengan judul penelitian yaitu jurnal model media pembelajaran Ular Tangga dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam menigkatkan minat belajar.Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan pada beberapa jurnal penelitian terdahulu sebanyak 10 jurnal pernelitian terdahulu, maka diperoleh hasil penelitian bahwa pengguunaan alat permainan edukatif ular tangga melalui model pemebelajaran tipe STAD dapatmembuat siswa lebih aktif sehingga meningkatkan minat dan prestasi belajar. Kesimpulan dari penelitian bahwa keaktifan siswa saat pembelajaran menunjukkan kategori sangat aktif.Dari 10 jurnal penelitian yang diteliti bahwa hasil belajar siswa berbeda signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan dari hasil keabshan data dari beberapa penelitian terdahulu mengenai penggunakan media ular tangga melelui model pembalajaran Tipe STAD dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa sebesar 90%.