Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan informasi dengan teknik diskusi untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar kelas X SMK TKJ Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan informasi dengan teknik diskusi untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar kelas X SMK TKJ Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kualitatif. Objek penelitian ini sebanyak 10 siswa kelas X yang memiliki ciri-ciri konsentrasi belajar rendah. Sample yang digunakan adalahParticipant. Instrumentasi pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan dilakukannya Layanan Informasi Dengan Teknik Diskusi. Untuk Meningkatan Konsentrasi Belajar kelas X SMK TKJ Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2019/2020.. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa konsentrasi belajar siswa telah meningkat yang mulanya sekitar 20% meningkat menjadi 60% - 86%. Hal ini dapat dilihat dengan cara siswa mampu konsentrasi belajar dalam kelas saat semua kelas belajar dengan tenang dan fokus dengan tugasnya