Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh layanan informasi dengan menggunakan teknik restrukturisasi kognitif terhadap sikap bullying pada siswa kelas X Smk Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Secara umum penelitian ini ditujukan kepada seluruh kelas X di Smk Bina Satria Medan yang berjumlah 360 siswa, sedangkan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan proposive sampling yakni 33 orang siswa kelas X MP-2. Penelitian ini menggunakan product moment. Berdasarkan hasil penelitian maka di peroleh hasil pengujian korelasi rxy = 0,483 lebih besar dari rtabel = 0,344 (0,483 > 0,344) dari hasil tersebut menunjukkan bahwa pengaruh antara layanan informasi dengan menggunakan teknik restrukturisasi kognitif terhadap sikap bullying adalah positif. Dari hasil penelitian di peroleh thitung = 3,505 sedangkan ttabel = 2,040. Berdasarkan uji hipotesis kedua data tersebut diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,505 > 2,040, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan layanan informasi dengan menggunakan teknik restrukturisasi kognitif terhadap sikap bullying pada siswa kelas X Smk Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.