Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah penerapan layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan perilaku prososial siswa kelas XI di SMK Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan perilaku prososial siswa kelas XI di SMK Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Objek penelitian ini sebanyak 10 siswa yang memiliki perilaku prososial yang rendah.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Dengan dilakukannya penerapan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan perilaku prososial siswa kelas XI di SMK Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.Ternyata telah berhasil meningkatkan perilaku prososial siswa hal ini dilihat ketika siswa sedang berada didalam kegiatan bimbingan kelompok dan di lingkungan sekolah.