Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu promosi yang dilakukan Gojek
terlalu cepat jangka waktunya, kode promo yang diberikan terkadang tidak bisa
digunakan karena sudah banyak yang menggunakannya. Harga yang ditawarkan
Gojek akan bertambah jika jarak yang dituju bertambah jauh namun harga yang
tertera dalam aplikasi tidak berubah. Tidak jarang konsumen merasakan
ketidakpuasan atas pelayanannya karena terkadang driver tidak sopan saat
bebicara ataupun membawa kendaraan ugal-ugalan di jalan raya, dan terkadang
pesanan tidak sesuai dengan aplikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian, untuk
menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, untuk menganalisis
pengaruh kualiatas pelayanan terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui
dan menganalisis pengaruh promosi, harga dan kualitas pelayanan terhadap
keputusan pembelian konsumen yang menggunakan jasa Gojek di kota Medan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif dan
kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang
menggunakan jasa Gojek di kota Medan. Sampel penelitian diambil dengan
menggunakan teknik Accidental Sampling yaitu teknik penentuan sampel
berdasarkan kebetulan sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan angket (Quesioner). Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji t,
Uji f dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan program software SPSS (versi 22.00). Berdasarkan uji secara
parsial hasil penelitian ini terdapat pengaruh signifikan antara promosi dan harga
terhadap keputusan pembelian konsumen, dan kualitas pelayanan tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan uji
secara simultan hasil penelitian ini terdapat pengaruh signifikan antara promosi,
harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam
menggunakan jasa Gojek di kota Medan.