Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
Kepercayaan, Harga, dan Kualitas Website terhadap Kepuasan Pelanggan
Traveloka di Kota Medan dan juga untuk mengetahui dan menganalisis faktor
yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan.
Penelitian ini dilakukan pada Masyarakat Kota Medan yang pernah
menggunakan jasa Traveloka. Metode analisis yang digunakan adalah metode
analisis deskriptif, dan analisis regresi linear berganda. Jenis penelitian ini adalah
penelitian asosiatif, dan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh
melalui studi dokumentasi dan angket yang menggunakan skala likert yang di uji
validitas dan reliabilitas, sampel yang digunakan sebanyak 109 responden yang
menggunakan jasa Traveloka. Data diolah secara statistik dengan menggunakan
program software SPSS, 2020. Teknik analisis data menggunakan regeresi linear
berganda, uji asusmsi klasik, uji t, uji F, dan koefisien determinan (R2 ).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Kepercayaan,
Harga, dan Kualitas Website berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Kepuasan Pelanggan Traveloka di Kota Medan. Secara parsial masing-masing
variabel Kepercayaan, Harga,dan Kualitas Website berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Nilai Adjusted R Square sebesar
0,645% yang berarti 64,5% Kepuasan Pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel
Kepercayaan, Harga, dan Kualitas Website sedangkan sisanya 35,5% dapat
dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.