Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Analisis Model Pembelajaran
Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan menggunakan model
pembelajaran think talk write. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kualitatif deskriptif yaitu dengan menganalisa 10 jurnal yang berkaitan dengan
permasalahan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini untuk mengumpulkan
data menggunakan alat instrumen berupa observasi dan dokumentasi. Hasil
analisis data yang diperoleh dari penelitian sebelumnya menyatakan bahwa:
menggunaan model pembelajaran think talk write membuat peserta didik lebih
berani dalam beragument mengeluarkan pendapat masing – masing dan membuat
tingkat berpikir siswa menjadi meningkat. Manfaat model pembelajaran think talk
write antara lain dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, sehingga
dapat membuat peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran, melatih
peserta didik bekerja sama dalam memecahkan persoalan yang diberikan dan
membuat peserta didik lebih berani dalam menyampaikan pendapat serta
beragument dalam menjawab persoalan yang diberikan oleh guru. Hal ini
dikarenakan dengan menggunakan pembelajaran kelompok yaitu membagi peserta
didik ke dalam kelompok kecil yang terdiri dari 3-5 orang dengan memberikan
tugas yang berasal dari LKS kepada masing-masing anggota kelompok.
Kemudian masing-masing peserta didik dalam kelompok tersebut menjawab
dengan membuat catatan kecil mengenai jawaban masing-masing dan
mendiskusikannya secara bersama-sama. Cara peserta didik menjawab persoalan
tersebut inilah akan terjadi proses berfikir, berbicara dan menulis atau disebut
sebagai model pembelajaran think talk write