Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk permen
milkita. Penelitian ini menggunakan teori manajemen pemasaran dengan variabel
(kualitas produk), (Harga), dan (promosi) serta variabel (keputusan pembelian).
Peneliti menetapkan populasi yaitu seluruh konsumen yang memutuskan untuk
membeli produk permen milkita.Untuk menentukan jumlah sampel digunakan
teknik sampling yaitu non probability sampling.Jumlah sampel dalam penelitian
ini berjumlah 69 responden.Teknik pengumpulan data menggunakan data primer
berupa angket dan menggunakan skala likert dalam pemilihan respon penilaian,
sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear
berganda.Berdasarkan hasil analisis data, variabel kualitas produk yang signifikan
sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh secara
parsial terhadap keputusan pembelian.Kemudian harga yang signifikan jadi dapat
disimpulkan variabel harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan
pembelian.Selanjutnya variabel promosi yang signifikan jadi dapat disimpulkan
variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap
keputusan pembelian. Dan secara simultan diperoleh signifikan dapat diambil
kesimpulan bahwa variabel (kualitas produk), (harga) dan (promosi) secara
bersama-sama berpengaruh terhadap variabel (keputusan pembelian) secara
signifikan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, saran yang diberikan kepada
perusahaan yaitu perusahaan diharapkan dapat memberikan strategi alternative
yang lebih baik dalam hal penetapan harga, serta memperhatikan kualitas produk
yang akan diberikan sebelum produk didistribusikan kepada konsumen.