Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh public figur
terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui dan menganalisis citra merek
terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui dan menganalisis ekuitas merek
terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui public figure, citra merek dan
ekuitas merek terhadap secara bersama – sama terhadap keputuan pembelian sepeda
Yamaha motor di Kota Medan. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang
menggunakan sepeda motor Yamaha NMAX di Kecamatan Medan Barat, sedangkan
sampel ditetapkan dengan nonprobability sampling sehingga jumlah responden
sebanyak 80 orang denga menggunakan sampling incidental. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis
data dalam penelitian ini menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Linier Berganda,
Uji t dan Uji F, dan Koefisisen Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan program software SPSS 21. Secara parsial diketahui bahwa Publik Figur
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor
Yamaha NMAX pada masyarakat Kecamatan Medan Barat. Secara parsial diketahui
bahwa Citra Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian Sepeda Motor Yamaha NMAX pada masyarakat Kecamatan Medan Barat.
Secara parsial diketahui bahwa Ekuitas Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor Yamaha NMAX pada masyarakat
Kecamatan Medan Barat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Publik Figur, Citra Merek dan Ekuitas Merek
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor
Yamaha NMAX pada masyarakat Kecamatan Medan Barat.