Abstract:
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui faktor internal dan
eksternal yang terdapat dalam usaha budidaya ikan hias koi di daerah penelitian.
2). Menganalisis strategi pengembangan usaha budidaya ikan hias hias koi di
daerah penelitian.
Dari penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: 1). Faktor internal yang
terdapat dalam kegiatan usaha budidaya ikan hias koi meliputi: Keaneka ragaman
jenis warna ikan hasil produksi, Input produksi dapat dihasilkan sendiri, adanya
kerja sama dengan pihak pedagang dan modal sendiri sedangkan untuk factor
kelemahan meliputi: pengalaman yang masih minim, kurang mengetahui teknik
budidaya ikan koi, pemasaran ikan koi yang masi melalui agen dan modal yang
terbatas. Faktor eksternal yang terdapat pada kegiata usaha bididaya ikan koi, dari
segi peluang meliputi: jenis ikan koi yang diminati dipasaran, adanya komunitas
hobies dan pecinta, lokasi budidaya yang strategis dan perkembangan teknologi
sedangkan untuk faktor ancaman meliputi: harga input produksi yang fluktuatif,
trend pasar yang berubah-ubah, masuknya produk lain dan serangan penyakit. 2).
Bentuk Strategi yang digunakan dalam usaha pengembangan usaha budidya ikan
koi di daerah penelitian menggunakan Strategi S O (Strength and Opportunities).
Strategi ini menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengatasi
ancaman. Strategi SO menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk
menghindari atau mengurangi dampak ancaman eksternal