Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Tingkat Pendidikan
terhadap Prestasi Kerja pegawai pada Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan
Usaha Mikro Kabupaten Serdang Bedagai, untuk mengetahui pengaruh
Pengalaman Kerja terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Dinas Ketenagakerjaan,
Koperasi dan Usha Mikro Kabupaten Serdang Bedagai dan untuk mengetahui
pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman kerja terhadap Prestasi Kerja
pegawai pada Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten
Serdang Bedagai. Pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif adalah pendekatan yang berbentuk
angka, atau data kuantitatif yang diangka kan (scoring). Jadi data kuantitatif
merupakan data yang memiliki kecenderungan dapat dianalisis dengan cara atau
teknik statistik. Data tersebut dapat berupa angka atau skor dan biasanya diperoleh
dengan menggunakan alat pengumpul data yang jawabannya berupa rentang skor
atau pertanyaan yang diberi bobot. Populasi yang ada dalam penelitian ini adalah
seluruh pegawai Dinas Ketenagakerjaan dan, Koperasi dan Usaha Mikro
Kabupaten Serdang Bedagai yang berjumlah 32 orang dan seluruh populasinya
adalah sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode
regresi linier berganda meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji
heterokedasitas. Pengujian hipotesis, pengujian secara persial (uji t) dan pengujian
secara simultan (uji f), koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa secara parsial tingkat pendidikan berpengaruh terhadap prestasi kerja,
secara parsial pengalaman kerja berpengaruh terhadap prestasi kerja dan secara
simultan tingkat pendidikan dan pengalaman kerja berpengaruh terhadap prestasi
kerja.