Abstract:
Pemahaman moral merupakan keadaan kemampuan pemikiran seseorang
untuk mengolah dan mengorganisir kemampuan dasar seseorang dalam bertindak
sesuai dengan etika yang berlaku, mampu membedakan perbuatan yang baik dan
tidak baik, sehingga memegang teguh nilai-nilai karakter yang baik dalam dirinya..
Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok dengan
terhadap peningkatan pemahaman moral siswa Kelas X SMK Swasta YWKA Medan
TA 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling.
Untuk memproleh data yang pasti dan relative cepat dalam menghimpun data atau
informasi peneliti menggunakan intrumen berupa observasi dan wawancara bekerja
sama dengan guru BK dan Wali Kelas. Berdasarkan data diatas mengenai layanan
bimbingan kelompok di Kelas X SMK Swasta YWKA Medan tahun Ajaran
2019/2020 sebanyak 8 orang dengan jumlah yang ditentukan menjadi peserta
kelompok dengan hasil pengolahan nilai observasi 4 terendah dan 4 tertinggi namun
barada pada kategori cukup. Berdasarkan data diatas keefektifan layanan bimbingan
kelompok terbukti mampu meningkatkan pemahaman moral 8 orang siswa meningkat
pada kategori baik.
Berdasarkan hasil penelitian setelah diberikan pelayanan bimbingan kelompok pada
pertemuan II, terlihat keadaan pemahaman moral siswa baik konseptual maupun
praktikan berdasarkan hasil observasi dan data nilai kategorisasi menghasilkan 8
siswa