Abstract:
Siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 07 Medan memiliki
kekurangan untuk mengembangkan kreativitas belajarnya dan juga
sulit untuk membuat suatu konsep dari pembelajaran. Mereka susah
untuk membuat ide kreativitasnya dengan berbagai bidang studi yang
ada disekolah tersebut. Mereka bingung untuk membuat ide
kreativitasnya agar terlihat catatan menjadi menarik.
Permasalahan dari penelitian ini adalah tentang penerapan layanan
penguasaan konten untuk mengembangkan kreativitas anak berbakat.
Tujuan dari penelitian ini: Untuk mengetahui adanya
penerapan layanan penguasaan konten untuk mengembangkan
kreativitas belajar anak berbakat siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah
07 Medan T.A 2019/2020. Adapun dalam penelitian ini ada enam siswa
yaitu 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan kelas VIII. Jenis
penelitian ini yaitu penelitian kualitatif Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara siswa-siswa
yang bersangkutan. Dari hasil penelitian yang dapat diketahui bahwa
penerapan layanan penguasaan konten untuk mengembangkan
kreativitas belajar anak berbakat siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah
07Tahun Ajaran 2019/2020. Sudah berjalan dengan baik dan sesuai
rencana. Pada pelaksanaan layanan penguasaan konten 6 siswa yang
mengalami kekurangan megembangkan kreativitas belajarnya dan
setelah melakukan layanan sudah memiliki perubahan yang diharapkan
dan pada pelaksanaan layanan penguasaan konten terjadi peningkatan
sangat meningkat