Abstract:
GLSK adalah brand foto dan video dokumentasi di Medan, brand ini sudah
seperti trendsetter bagi para pekerja videografi. Brand GLSK sendiri baru berusia
4 tahun tapi sudah bisa menjadi brand teratas di kota Medan, ini dapat dilihat dari
project yang dikerjakan oleh mereka yang ditampilkan di sosial media instagram
GLSK dan foundernya, mulai dari anak presiden, artis dan lainnya serta mereka
juga pernah mengerjakan pekerjaan ini sampai luar negri. Untuk sampai ke titik
seperti ini founder GLSK melakukan pemasaran melalui sosial media lewat foto
dan video, tentunya dengan perencanaan komunikasi pemasaran yang dibuat dan
dilakukan oleh founder GLSK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
perencanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan founder GLSK melalui foto
dan video di media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, cara mengumpulkan data adalah
dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun narasumber dari
penelitian ini adalah founder sekaligus CEO dari GLSK. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa founder GLSK sudah melakukan pemasaran dengan
perencanaan komunikasi sesuai dengan menerapkan dasar-dasar tahapan
perencanaan komunikasi menurut Wahyudi (2010) seperti: tahap identifikasi
masalah, tahap perumusan tujuan komunikasi, tahap penetapan rencana strategis,
tahap penetapan rencana oprasional, tahap penyusunan rencana evaluasi, tahap
perencanaan rekomendasi. Salah satunya dengan cara upload foto dan video hasil
produksi GLSK di sosial media instagram dengan kualitas standart yang sudah
ditetapkan GLSK sendiri serta tetap memberikan ciri khas dari GLSK dengan
konsisten, menjaga sikap bersosial media untuk menjaga serta menaikkan nama
baik brand GLSK dan lainnya. Dengan melakukan berbagai macam hal di atas
maka dapat menarik minat konsumen dan meningkatkan pemasaran brand GLSK
melalui video dan foto di media sosial