Abstract:
Keterampilan mengelola kelas bagi guru sangat penting dalam mengajar sehingga
menciptakan suasana kelas yang efektif dan efesien. Dengan pengelolaan kelas yang baik
maka akan meningkatkan keaktifan belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1.
Untuk mengetahui keterampilan guru pendidikan agama islam dalam mengelola kelas, 2.
Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa di SMP Muhammadiyah 57 Medan., 3. Untuk
mengetahui apakah ada pengaruh keterampilan guru pendidikan agama islam dalam
mengelola kelas terhadap keaktifan belajar siswa di SMP Muhammadiyah 57 Medan.
Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi,
angket dan dokumentasi. Angket diberikan kepada 30 responden yang berjumlah 30
siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experimen, jenis
penelitian ini adalah penelitian lapangan. Adapun pendekatan yang digunakan penelitian
adalah pendekatan kuantitatif dan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif
persentase.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh keterampilan guru PAI
dalam mengelola kelas terhadap keaktifan belajar siswa di SMP Muhammadiyah 57
Medan berada pada katagori sangat tinggi dengan korelasi sebesar 0,91- 1,00 hal ini
ditunjukkan pada hasil perhitungan product moment yaitu 0,917. Sedangkan nilai dari
hasil pada taraf signifikan 5% (0,361) ini berarti (0,917 ≥ 0,361). Maka dapat
disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh yang positif” antara keterampilan guru PAI dalam
mengelola kelas terhadap keaktifan belajar siswa di SMP Muhammadiyah 57 Medan.