Abstract:
Salah satu bisnis kuliner yang ada di kota Medan adalah restaurant My
Way Seafood. Keunggulan dari My Way Seafood berdasarkan marketing mix dari
segi produk My Way Seafood menjual makanan seafood yaitu seperti ikan, udang,
cumi-cumi, kepiting, dan lain-lain. My Way Seafood memasarkan produknya
melalui instagram dan sosial media lainnya. Pemasaran melalui jejaring sosial
tersebut merupakan salah satu strategi yang ampuh untuk meningkatkan omset
restaurant. Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah penelitian ini
adalah bagaimana strategi marketing mix My Way Seafood dalam meningkatkan
pelanggan ?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Marketing mix yang dilakukan
restoran My Way Seafood dalam meningkatkan pelanggan didasari dari empat
indikator utama, yakni kualitas produk yang dijual dan disajikan adalah produk
yang berkualitas dan higienis, penetapan konsep harga yang diberikan sesuai
dengan pasaran dan terjangkau bagi seluruh kalangan masyarakat, tempat yang
strategis dan letaknya di tengah Kota, desain interior restoran yang simpel namun
kekinian dan dapat dijadikan sebagai media berkumpul bagi kaula muda serta
berbagai jenis promosi yang disediakan, seperti potongan harga dan lain
sebagainya.Pelaksanaan Marketing mix dilakukan dengan mengunakan media
sosial Instagram, dimana segala hal yang terkait dengan apa saja yang disajikan
oleh usaha kuliner My Way Seafood dipublikasikan di Instagram, seperti lokasi
dan alamat lengkap, mitra usaha, gambar dari menu-menu makanan yang
disajikan, harga, promosi dan desain interior dari usaha kuliner My Way Seafood.
Bentuk upaya yang dilakukan usaha My Way Seafood untuk mengembangkan dan
meningkatkan kenyamanan pelanggan adalah dengan melakukan pengembangan
ide, gagasan serta inovasi mulai dari dekorasi tempat sampai menu-menu baru
yang disajikan dan sesuai dengan selera masyarakat