Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor apa saja
yang mempengaruhi pendidikan keuangan pada siswa SMA di Kecamatan Dumai
Barat Kota Dumai yaitu status sosial ekonomi orang tua, pendidikan keuangan di
keluarga, dan pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data menggunakan
kuesioner. Sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini sebanyak 58 responden
dengan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non
probability yakni teknik accidental sampling. Analisa data yang digunakan yaitu
uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji t, uji F dan R square pengujian
dilakukan dengan menggunakan SPSS. Hasil dalam penelitian ini menyatakan
status ekonomi orang tua berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap
pendidikan keuangan siswa SMA di Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai,
pendidikan keuangan di keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap
pendidikan keuangan siswa SMA di Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai,
pembelajaran di sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendidikan
keuangan siswa SMA di Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai. Secara bersama-
sama variabel status ekonomi orang tua, pendidikan keuangan di keluarga dan
pembelajaran di sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendidikan
keuangan siswa SMA di Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai.