Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan layanan
bimbingan kelompok bidang pribadi sosial untuk penigkatan kecerdasan emosional siswa
kelas X di SMK Swasta YWKA Medan tahun ajaran 2019-2020. Tujuan dari penelitian ini
yaitu adakah pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok dalam peningkatan
kecerdasan emosional siswa kelas X di SMK Swasta YWKA Medan tahun ajaran 2019-
2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif.
Objek yang diambil dalam penelitian ini yaitu 8 orang siswa yang memiliki ciri-ciri
kecerdasan emosional rendah. Sample yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive
sampling. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Dengan dilakukannya bibingan kelompok untuk peningkatan kecerdasan
emosional siswa kelas X di SMK Swasta YWKA Mdan tahun ajaran 2019-2020, ternyata
telah berhasil dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa , hal ini dapat dilihat dari
beberapa pertanyaan peneliti kepada siswa bagaimana cara siswa menghadapi temannya
yang sedang mengusiknya, ternyata siswa tersebut mampu mengola emosinya dengan baik.
Dengan adanya layanan bimbingan kelompok yang dilakukan di SMK Swasta
YWKA Medan dalam penigkatan kecerdasan emosional siswa secara signifikan
dimana dapat di lihat dari perbandingan antara pertemuan pertama dan kedua
pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling terlihat sekali peningkatan
pemahaman siswa tentang kecerdasan emosi. Peningkatan itu sesuai dengan
pengetahuan siswa dalam menjawab dan menanggapi permasalahan tentang
kecerdasan emosional. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya kecerdasan
emosional siswa kelas X di SMK Swasta YWKA Medan tahun ajaran 2019/2020