Abstract:
penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran
problem posing terhadapn minat belajar siswa di MTs PAB 1 Helvetia. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan desain quasi
eksperimen. Populasi penelitian ini diambil dari siswa kelas VIII E yang
berjumlah 30 orang siswa sebagai populasi dan sampel. Penelitian ini dilakukan
menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu;, tes, dan observasi.
Sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis kuantitatif dengan uji
hipotesis. Setelah data terkumpul lalu dihitung dengan menggunakan teknik
korelasi product moment dengan memperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil
koefisien product moment dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf 5%
dan 1% diperoleh bahwa = 0,484 lebih besar dari pada baik itu dari
taraf signifikan 5% (0,361) dan 1% (0,463) dengan formulasi bandingan yaitu
0,484 ≥ 0,361 dan 0,463, Maka ( ) diterima. dapat disimpulkan bahwa adanya
pengaruh positif antara penggunaan metode problem posing terhadap minatl
belajar siswa di MTs PAB 1 Helvetia