Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya komunikasi dalam pemberdayaan
masyarakat muslim di kota Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menjelaskan strategi komunikasi Muslimat Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia
Sumatera Utara dalam pemberdayaan masyarakat muslim kota Medan. Teori
yang digunakan dalam penelitian ini adalah meliputi uraian teoritis tentang
komunikasi, strategi komunikasi dalam pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan
melalui wawancara dengan informan sebanyak empat orang, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui proses reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Muslimat Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Sumatera Utara menggunakan
strategi komunikasi interaktif, transaksional dengan pola pendekatan persuasif
dalam pemberdayaan masyarakat muslim kota Medan yang meliputi pembinaan di
LP Wanita Tanjung Gusta, kursus calon pengantin, pengajaran Al-Qur’an,
pelatihan fardhu kifayah dan pemberdayaan ekonomi umat