Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media pembelajaran
kartu domino dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMK.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Library Research.
Sumber data yang diperoleh dari skripsi ini yaitu dengan menganalisis jurnal atau
artikel karya ilmiah yang berhubungan dengan media pembelajaran kartu domino.
Instrumen penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Observasi dan
dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan data-data tentang media pembelajaran
kartu domino, lalu dianalisis pemanfaatan media pembelajaran kartu domino dalam
meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
Dari hasil analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya
menyatakan bahwa media pembelajaran kartu domino sangat layak digunakan untuk
meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMK. Ini terbukti dari hasil
penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya yang menggunakan media
pembelajaran kartu domino sebagai media pembelajaran.
Dengan demikian dapat disimpulkan dari analisis yang telah dilakukan bahwa
media pembelajaran kartu domino sangat bermanfaat dalam meningkatkan
kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMK.