Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe scramble berbantu media powerpoint terhadap hasil belajar siswa
di MTs PAB-1 Helvetia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan
menggunakan desain quasi eksperimen. Sampel penelitian ini diambil dari siswa
kelas VIII E yang berjumlah 30 orang, penelitian ini dilakukan menggunakan
beberapa teknik pengumpulan data yaitu: tes, dan lembar observasi. Sedangkan
teknik analisis datanya adalah analisis kuantitatif dengan uji hipotesis. Setelah
data terkumpul lalu dihitung dengan menggunakan teknik korelasi product
moment dengan memperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil koefisien product
moment dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf 5% dan 1% diperoleh
bahwa
= 0,580 lebih besar dari pada
baik itu dari taraf sigifikan 5%
(0,361) dan 1% (0,463) dengan formulasi bandingan yaitu 0,580 ≥ 0,361 dan
0,463, Maka
) diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif
antara model kooperatif tipe scramble berbantu media powerpoint terhadap hasil
belajar siswa di MTs PAB-1 Helvetia