Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metodologi penelitian
Library Research, dengan tujuan untuk mengetahui manfaat Aplikasi Google
Classroom sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa. Mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi seperti Aplikasi
Google Classroom memiliki tantangan tersendiri bagi guru. Dalam mengelola
aplikasi, desain dan strategi pembelajaran. Berdasarkan hasil dari penelitian
dengan merujuk pada jurnal dan artikel yang relevan, mengatakan bahwa
pemanfaatan Aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran
berpengaruh positif sebesar 80% dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di
SMK. Dalam konteks ini proses belajar mengajar dapat membangkitkan
keinginan, daya tarik, motivasi dan merangsang kegiatan belajar mengajar, selain
itu Google Classroom juga dapat membantu siswa untuk mempermudah
pemahaman terhadap materi pelajaran. Apabila seorang siswa termotivasi dengan
media pembelajaran yang digunakan oleh guru, media pembelajaran yang
menarik, materi akan lebih mudah di pahami jika di modifikasi dengan media
pembelajaran berbasis aplikasi Google Classroom tersebut, maka siswa akan lebih
cenderung loyal terhadap belajar. Sehingga proses pembelajaran menjadi lebih
efektif dan efisien