Abstract:
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana tanggapan konsumen
terhadap produk paprika di Supermarket Brastagi. 2). Untuk mengetahui
bagaimana pengaruh faktor harga, tingkat pendapatan, dan tingkat pendidikan
dalam kepuasan pembelian sayur paprika di Supermarket Brastagi.
Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus (case study).
Penentuan daerah penelitian ditentukan secara purposive yaitu sampel ditentukan
secara sengaja karena sesuai karakteristik dan tujuan penelitian yakni di
Supermarket Brastagi Jalan Gatot Subroto Medan. Metode pengambilan sampel
yang digunakan adalah metode accidental sampling. Jumlah sampel dalam
penelitian ini adalah sebanyak 30 orang reponden yang sedang melakukan
pembelian sayur paprika. Metode analisis data yang digunakan untuk menjawab
permasalahan yang pertama adalah metode analisis deskriptif dan untuk
menjawab permasalahan yang kedua adalah metode analisis Regresi Linier
Berganda
Kesimpulan diperoleh hasil sebagai berikut: 1). Dari hasil penelitian
diperoleh alasan konsumen melakukan pembelian sayur paprika di peroleh hasil
sebanyak sebanyak 73% responden setuju bahwa mereka melakukan pembelian
sayur paprika karena alasan kebutuhan dan alasan selanjutnya yang
mempengaruhi pembelian konsumen adalah faktor Manfaat yaitu 60% responden
menyatakan setuju bahwa alasan melakukan pembelian karena manfaat dari sayur
paprika. Sedangkan untuk alasan faktor rasa dan kemasan responden menyatakan
tidak setuju. 2). Dari hasil uji parsial diperoleh bahwa pariabel Harga (X1) tingkat
pendapatan (X2) dan tingkat pendidikan (X3) berpaguruh secara signifikan atau
nyata terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian sayur paprika
sedangkan untuk variabel jumloah tanggungan tidak berpengaruh secara
signifikan atau nyata terhadap keputusan pembelian sayur paprika.