Research Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Lembah Sorik Marapi

Show simple item record

dc.contributor.author Pulungan, Ummi Salamah
dc.date.accessioned 2020-09-07T02:21:16Z
dc.date.available 2020-09-07T02:21:16Z
dc.date.issued 2020-08-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5133
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrai terhadap hasil belajar siswa, dan apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode reciprocal teaching dengan siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lembah Sorik Marapi Kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan agalah kuantitatif dengan menggunakan jenis quasi eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 33 siswa pada kelas VII-2 untuk kelas eksperimen, dan juga berjumlah 33 siswa VII-1 pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu Sampling Purposive yang dipilih berdasarkan pertimbangan guru, instrument penelitian yang digunakan adalah berupa tes berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, dan reliabilitasnya. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes (pretest-posttest) yang berjumlah 22 soal dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan penelitian menggunakan uji-t Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode reciprocal teaching yang diterapkan pada kelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada pembelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan metode yang digunakan. Hal ini terbukti dari deskripsi data pretest, ketika belum diterapkannya metode reciprocal teaching di kelas eksperimen mendapatkan hasil mean kelas x= 47,2 dan kelas kontrol x= 48,3. Namun setelah diberikan perlakuan x posttest kelas esksperimen mencapai x= 75,3 dan kelas kontrol x= 70,5. Sedangkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik uji-t diperoleh nilai thitung = 5,39 dan ttabel = 0,05 (1,69). Sehingga thitung (5,39 > 1,69) en_US
dc.subject Metode Reciprocal Teaching en_US
dc.subject Hasil Belajar Siswa en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Metode Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Lembah Sorik Marapi en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account