Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
dengan menggunakan metode demonstrai terhadap hasil belajar siswa, dan
apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi perlakuan
menggunakan metode reciprocal teaching dengan siswa yang diberi perlakuan
menggunakan metode ceramah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1
Lembah Sorik Marapi Kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan agalah
kuantitatif dengan menggunakan jenis quasi eksperimen. Sampel penelitian
berjumlah 33 siswa pada kelas VII-2 untuk kelas eksperimen, dan juga
berjumlah 33 siswa VII-1 pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu
Sampling Purposive yang dipilih berdasarkan pertimbangan guru, instrument
penelitian yang digunakan adalah berupa tes berbentuk pilihan ganda yang
telah diuji validitas, dan reliabilitasnya. Adapun teknik pengumpulan data
berupa tes (pretest-posttest) yang berjumlah 22 soal dan dokumentasi.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan penelitian menggunakan uji-t
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode reciprocal teaching yang
diterapkan pada kelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa
secara signifikan pada pembelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata
hasil belajar siswa yang diajar dengan metode yang digunakan. Hal ini
terbukti dari deskripsi data pretest, ketika belum diterapkannya metode
reciprocal teaching di kelas eksperimen mendapatkan hasil mean kelas x=
47,2 dan kelas kontrol x= 48,3. Namun setelah diberikan perlakuan x posttest
kelas esksperimen mencapai x= 75,3 dan kelas kontrol x= 70,5. Sedangkan
hasil analisis data dengan menggunakan statistik uji-t diperoleh nilai thitung =
5,39 dan ttabel = 0,05 (1,69). Sehingga thitung (5,39 > 1,69)