Research Repository

Pengaruh Dimensi Reabilitas dan Etika Pelayanan Terhadap KePUTUSAN Nasabah Menabung di BPRS Al-Wasliyah Krakatau Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Utami, Fauzia Nurul
dc.date.accessioned 2020-09-07T02:12:00Z
dc.date.available 2020-09-07T02:12:00Z
dc.date.issued 2020-07-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5131
dc.description.abstract Perkembangan bank syari'ah yang pesat belum diimbangi dengan peningkatan market share, meskipun sulit dicapai namun tidak bisa dibantah bahwa perkembangan bank syari'ah akan terus melaju menuju 5%. Oleh karena itu untuk berbenah, perbankan syari'ah harus melakukan berbagai inovasi dalam rangka meningkatkan market share yaitu dengan meningkatkan kinerja pelayanan yang berupa keandalan dan etika pelayanan agar membentuk kepuasan nasabah. Berdasarkan latar belakang masalah, maka tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh dimensi reliabilitas (keandalan), pada BPRS Al-Wasliyah Krakatau Medan (2) Untuk mengetahui pengaruh etika pelayanan pada BPRS AlWasliyah Krakatau Medan (3) Untuk mengetahui pengaruh dimensi reliabilitas (keandalan) dan etika pelayanan terhadap keputusan nasabah menabung pada BPRS Al-Wasliyah Krakatau Medan.. Metodologi yang digunakan adalah : Pertama, penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Kedua, objek penelitian adalah dimensi reliabilitas (keandalan), etika pelayanan, dan keputusan nasabah. Adapun subjek penelitian adalah nasabah BPRS Al-Wasliyah Krakatau Medan sebagai unit yang dianalisis. Sampel penelitian sebanyak 60 nasabah dengan menggunakan teknik random sampling. Ketiga, untuk menganalisis dapat digunakan alat analisis antara lain: untuk dimensi reliabilitas (keandalan), etika pelayanan dan keputusan nasabah BPRS Al-Wasliyah Krakatau Medan digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menguji pengaruh dimensi reliabilitas, etika pelayanan, dan kepuasan nasabah digunakan analisis multiple regression. Keempat, Berdasarkan analisis deskriptif prosentase variabel dimensi reliabilitas (keandalan) termasuk kriteria handal dalam mencatat transaksi, sedangkan variabel etika pelayanan termasuk kriteria ramah (baik) dalam melayani nasabah, dan variabel keputusan nasabah termasuk kriteria puas dengan pelayanan yang diberikan. Berdasarkan hasil uji t secara parsial bahwa kedua variabel (X1 dan X2) mempunyai p value (Sig.) sebesar 0.001 probabilitasnya lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05 yang berarti secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan dimensi reliabilitas dan etika pelayanan terhadap kepuasan nasabah. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa koefisien determinasi yang dinotasikan dengan R2 besarnya 0,509, ini berarti variabel kepuasan nasabah dapat dijelaskan oleh variabel dimensi reliabilitas (X1), dan etika pelayanan (X2) yang diturunkan dalam model sebesar 50,9 % en_US
dc.subject Kehandalan en_US
dc.subject Pelayanan en_US
dc.subject Ketanggapan en_US
dc.subject Memahami Keinginan Konumen en_US
dc.subject Keyakinan en_US
dc.title Pengaruh Dimensi Reabilitas dan Etika Pelayanan Terhadap KePUTUSAN Nasabah Menabung di BPRS Al-Wasliyah Krakatau Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account