Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Untuk menganalisa perilaku
konsumen dalam membeli cabai giling di Pasar Onan Barus Kecamatan Barus
Kabupaten Tapanuli Tengah dan (2) Untuk menganalisa faktor-faktor yang
mempengaruhi permintaan cabai giling di Pasar Onan Barus Kecamatan Barus
Kabupaten Tapanuli Tengah. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 30 orang
konsumen yang sedang membeli cabai giling di Pasar Onan Barus. Dalam
penelitian ini digunakan analisis deskriptif dengan menggunakan analisis statistik
dari skor yang diperoleh berdasarkan wawancara untuk melihat perilaku
konsumen. Sedangkan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi digunakan
metode analisis regresi linear berganda dengan variabel bebas yang digunakan
adalah harga cabai giling (X1), harga cabai merah segar (X2), pendapatan (X3)
dan jumlah anggota keluarga (X4) dengan variabel terikat permintaan cabai giling
(Y).
Hasil Penelitian ini ditemukan bahwa perilaku konsumen melakukan
keputusan pembelian terhadap cabai giling di Pasar Onan Barus dikarenakan
harga, kebutuhan dan kepraktisan. Hasil uji F diperoleh bahwa secara bersamasama
atau simultan variabel bebas berpengaruh nyata terhadap variabel terikat.
Hasil uji t diperoleh bahwa variabel pendapatan (X3) dan jumlah anggota
keluarga (X4) berpengaruh secara parsial terhadap permintaan cabai giling (Y),
sedangkan variabel harga cabai giling (X1) dan harga cabai merah segar (X2)
tidak berpengaruh secara parsial terhadap permintaan cabai giling (Y). Hasil uji
R
2
diperoleh bahwa sebesar 85,2% permintaan cabai giling dapat dijelaskan oleh
variabel bebas yang digunakan dalam penelitian